PEMESANAN CUPANGShoopie : iim_betta_fish

PEMESANAN CUPANGShoopie : iim_betta_fish

Monday, April 4, 2016

Mengenal Komunitas Pecinta Hewan asal Kota Bogor


LIHAT JUGA
Komunitas Pencinta Ikan Cupang
Info Ikan Hias

   Mata kuliah Komunikasi Kelompok saya dapatkan pada saat semester dua yang salah satu tugasnya adalah mengenal suatu komunitas tertentu dan mewawancarai komunitas tersebut. Tugas ini diperuntukan untuk kelompok, dan ketika kelompok dibentuk saya berkesempatan bekerja sama dengan teman-teman baru kelompok saya yaitu ada Anggraeni Hanna, Febriyanti, Silvi Yurisa dan Zilsy Zikrina. Begitu banyak komunitas yang terdpat di kota Bogor sehingga agak sulit untuk mencari komunitas yang sesuai untuk kelompok kami. Dari kelompok yang ada, mereka mewawancarai komunitas seperti, komunitas gingerboard, komunitas vespa, komunitas panjat tebing dan lain-lain. Lalu kelompok kami memutuskan untuk mencari komunitas yang sesuai dengan kami yang semua anggota nya menyukai hewan. Pada akhirnya kami memilih komunitas pecinta hewan yang ada di kota Bogor, yaitu Komunitas Careuh Kujang. Dan pada saat itulah kami menemui komunitas ini yang biasanya mengadakan gathering diberbagai tempat di kota Bogor salah satunya di Taman Kencana dan Plaza Ekalokasari.

Bedasarkan informasi yang kami dapat saat mewawancari salah satu anggota komunitas Careuh Kujang adalah :

1. Latar belakang terbentuknya Komunitas Careuh Kujang

Bales dalam catchcart dan samovar (1947) mendefinisikan kelompok sebagai sejumlah orang yang terlibat dalam interaksi satu sama lain dalam satu pertemuan yang bersifat tatap muka, dimana setiap anggota kelompok mendapat kesan atau peningkatan antara satu sama lainya yang cukup jelas, sehingga angota-anggota kelomopok, baik pada saat timbulnya pertanyaan maupun sesuadahnya, dapat memberikan tanggapan kepada masing-masing sebagai perseorangan.

Alasan kami membentuk kelompok pecinta hewan ini karena masing-masing anggota mempunyai alasan yang sama dalam menentukan kegemaran masing-masing. Selain itu, kelompok pecinta hewan sangat memberikan dampak yang positif dan bermanfaat bagi anggota maupun masyarakat.

2. Profil anggota Komunitas Careuh Kujang

      Komunitas ini terdiri atas anggota-anggota yang memiliki kesayangan terhadap hewan yang sangat tinggi. Yang tergabung dalam komunitas ini pun berasal dari kalangan yang beragam, di mulai dari pelajar SMP, SMA, mahasiswa sampai orang-orang yang telah memiliki pekerjaan pun ikut bergabung dalam komunitas pecinta hewan ini. Mereka tergabung atas satu persamaan yaitu orang-orang yang sangat peduli dan sayang terhadap hewan. Jumlah anggota komunitas pecinta hewan ini kurang lebih enam puluh orang.
3. Aktifitas / Kegiatan Komunitas Careuh Kujang
    Komunitas ini mempunyai jadwal rutin dan teratur, biasanya menetapkan jadwal untuk berkumpul rutin pada hari jumat setiap dua minggu sekali. Kegiatan yang dilakukan pada saat berkumpul yaitu saling berbagi mengenai hal-hal baru mengenai hewan, saling bertanya dan memberikan masukan mengenai permasalahan seputar hewan yang dipelihara. Dalam perkumpulan ini pertemuan tatap muka sangat penting, karena disinilah kesempatan mereka untuk mengembangkan komunitas mereka ini.

         Kegiatan yang lain yaitu komunitas hewan ini sering melakukan acara bakti sosial untuk membantu saudara yang kurang mampu. Kegiatan sosialisai ini dilakukan disuatu tempat umum dan mereka membawa hewan peliharaan mereka masing-masing untuk menarik masyarakat, sehingga mereka bisa mengumpulkan dana untuk acara bakti sosial yang mereka adakan. Kelompok ini sering mengikuti lomba dan festival. Untuk lomba-lomba itu sendiri biasanya ditentukan berdasarkan jenisnya. Misalnya saja pada saat perlombaan yang diadakan untuk musang, kelompok musang mereka pun mengikuti lomba ini dan mendapatkan juara satu di BNR.

4. Hambatan yang pernah di hadapi Komunitas Careuh Kujang

Hambatan yang biasanya mereka alami datang dari anggota kelompok. Setiap anggota kelompok mempunyai ego masing-masing. Berdasarkan penuturan salah satu anggota komunitas, ada beberapa anggota kelompok yang kurang sadar untuk datang dan menghadiri pertemuan rutin. Adapula perselisihan paham yang di dasarkan pada kemauan individu yang berbeda. hal ini diakibatkan oleh beragamnya watak individu perorangan. Permasalahanya yaitu hanya dalam penyatuan pendapat. Terkadang ada permasalahan yang dialami dari hewan itu sendiri, ketika hewan itu sedang mengalami depresi. Anggota kelompok harus mulai melatih ataupun menjinakan nya.

5. Prestasi yang pernah di raih oleh Komunitas Careuh Kujang


     Komunitas ini telah beberapa kali mendapatkan juara yaitu, juara pertama dalam perlombaan musang. Selain itu mereka juga mendapatkan juara 3 musang bulan di WTC. Untuk hewan jenis lainnya pun ada yang mengikuti lomba dan mendapatkan juara, seperti juara satu sugar glaider. Hal ini membawa semangat sendiri bagi anggotanya untuk berprestasi bersama hewan-hewan kesayangan mereka.



DOKUMENTASI



























Kesimpulan kami adalah bahwa banyak anggapan masyarakat yang keliru akan keberadaan hewan yang dianggap berbahaya, seperti ular, musang, otter dan hewan lain nya. Komunitas Careuh Kujang ini, memberikan pengetahuan dan kegiatan yang bermanfaat untuk mengenal lebih dekat dengan hewan ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa tersebut.

BACA SELENGKAPNYA DISINI !!!

Tags:

0 Responses to “Mengenal Komunitas Pecinta Hewan asal Kota Bogor”

Post a Comment

E-mail Pengguna :

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Info Minapolitan. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks